Forex Midle Time 20-24 Juni 2016 (Euro vs Dollar)

Sebagaimana perkiraan minggu lalu, EuroUSD bergerak fluktuatif membentuk wave minor a ke b. Dan ditutup diwilayah 1.12766, tepat diwilayah 50.0 FR dari trend mayor. Dorongan fundamental yang cenderung campuran membuat investor berperilaku cenderung hati hati. Baca Analisa Kami minggu lalu Disini.

Minggu ini beberapa agenda besar siap tersaji dan berpotensi menjadi pendorong trend. Euro German ZEW Economic Sentiment, akan dirilis pada hari selasa 21 Juni. Survay ini mengukur tingkat kepercayaan masyarakat German terkait prospect ekonomi Euro untuk jangka menengah. Sementara analys memperkirakan akan terjadi penurunan index, Ini bisa mendorong Euro jatuh.

Dari AS Fed Chair Yellen Testifies dijadwalkan memberikan testimoni pada hari selasa malam, ini adalah jadwal yang tidak biasanya, dan dilanjutkan pada hari berikutnya. Yellen tampak begitu hati hati dalam setiap memberikan keterangan pers semenjak rilis NFP yang jatuh awal bulan lalu. Akan ada hal hal yang mengejutkan market dalam acara ini, potensi terjadi guncangan kuat.

Dari sektor tenaga kerja, Unemployment Claims diperkirakan mengalami perbaikan. Ini bisa menjadi kabar baik untuk Dollar sekaligus menjawab keragu raguan tentang data NFP yang jebluk kemarin.

Selanjutnya ada isu Brexit yang semakin mendekati jadwal referendum. Dari beberapa pooling surat kabar lokal, tampak terjadi keseimbangan antara yang setuju dan tidak. Ketika keseimbangan terjadi, dihawatirkan justru terjadi deadlock hingga berpotensi melahirkan kemelut. Dan inilah yang paling tidak disukai oleh market.. (Kemelut).

Kesimpulan :

Kami masih bertahan pada posisi Bearish untuk EuroUSD minggu ini, dan posisi kami kembali SELL untuk midle time, meneruskan pola Wave Mayor dan Minor Trend EuroUSD. Brexit berpotensi memanaskan situasi ekonomi Euro, dan Yellen memiliki sesuatu yang bisa mengejutkan market.