Forex Midle Time 25-28 Januari 2016 (Euro vs USD)

Presiden ECB Mario Draghi memberi sinyalemen bahwa pihaknya siap memberikan pelonggaran kebijakan lebih lanjut secepatnya pada kisaran bulan Maret, hal ini disampaikan dalam jumpa pers kemarin, Kata Draghi : risiko penurunan (downside risk) semakin besar di awal tahun ini. Maka penting untuk mengevaluasi kebijakan moneter dalam rapat selanjutnya pada Maret. Ia menegaskan tidak perlu diragukan lagi pihaknya siap mengambil langkah yang tepat.(Baca analysis kami minggu kemarin, clik disini)

ECB menegaskan niatnya untuk bertindak dan melakukan apapun demi mencapai target inflasi ke level 2%. Ia bahkan mengatakan tidak ada batasan soal seberapa jauh langkah yang akan ditempuh untuk mencapai target itu. Disisi lain, belum ada penjelasan langkah yang akan diambil nantinya, dan inilah yang membuat market tampak kebingungan minggu lalu. Dalam kalender news minggu ini, Mario Draghi dijadwalkan akan kembali memberikan pidatonya pada hari Selasa tgl 28 Januari 2016 dini hari jam 01.00 WIB, bisa jadi dia akan menjelaskan lebih rinci tentang langkah apa yang akan diambil ECB terkait pencapaian target Inflasi tersebut, ini memiliki potensi besar terjadi pembalikan arah trend untuk jangka pendek.

Dari USA
Kamis Dini hari jam 2.00WIB Federal Reserve dijadwalkan akan merilis perubahan tingkat suku bunga acuan. Bulan Desember 2015 lalu FED telah mengambil kebijakan dengan menaikkan suku bunga acuan dari 0% ke 0,25% menjadi 0,5%. The Fed mencatat bahwa kenaikan suku bunga di masa depan akan dilakukan secara bertahap untuk menghindari gejolak ekonomi global, secara umum keseluruhan fundamental US sudah memiliki syarat dan yang dibutuhkan FED untuk kembali menaikkan suku bunga, meski ada beberapa data pendukung inflasi yang CPI dan Core CPI yang dirilis minggu kemarin mengalami kontraksi. Dalam pertemuan kali ini, analys memperkirakan belum ada perubahan tingkat suku bunga dari FED. Tetapi setidaknya kita bisa memperoleh penjelasan lebih lanjut tentang proyeksi arah kebijakan FED yang tentu saja akan berdampak langsung pada Index Dollar.

EURUSDDaily-25Januari2016

Kesimpulan :
Ada kesempatan BUY EuroUSD pada sesi awal perdagangan minggu ini dengan target yang terbatas, meskipun Indicator yang menunjukkan arah trend belum terbaca secara jelas. Optimisme ECB akan mengambil langkah spektakuler dalam pencapaian target inflasi 2% bisa saja terjadi dalam pidatonya pada hari selasa dini hari nanti, dan ini bisa menjadi stimulus positif untuk Euro. Di sisi lain, gejolak Ekonomi China yang sudah memberikan tanda tanda kestabilan serta penurunan harga minyak dunia bisa menjadi pendorong Euro untuk melayang lebih tinggi. Secara pribadi kami berposisi WAIT to BULLISH untuk EuroUSD.