Midle Time EuroUSD 11-15 Januari 2016

Laporan penciptaan lapangan kerja  / US NFP yang mengejutkan jauh melampaui perkiraan sebesar 292.000 selama desember 2015 lalu, ini menunjukkan indikasi Fundamental Ekonomi AS sedang sangat solid, angka pengangguran stable di 5%. Belum berubah sebagaimana yang diharapkan FED 4.7%. Tetapi secara keseluruhan indicator indicator pendukung sedang mengarah kesana.

Sesaat setelah dirilis data NFP pada perdagangan minggu lalu, dollar mengalami fluktuasi yang beragam terhadap mata uang dunia yang lain. Dollar menguat terhadap Euro dgn menyentuh support 1.0767. Lebih rendah dari perkiraan kami minggu lalu. Baca disini. Tetapi kembali melemah terhadap EURO setelah Harga WTI Crud Oil kembali Anjlok pada level $33/ Barrel dalam waktu yang hampir bersamaan dengan saat rilis NFP. Disisi lain dollar melemah terhadap YEN, dan terus menguat terhadap Poundsterling. Pasangan mata uang ini kembali bullish dan menempatkan EuroUSD pada level tertinggi 1.09xx saat penutupan.

Dari pandangan kami, faktor penurunan harga minyak mentah dunia yang tajam, China yang secara mengejutkan mendevaluasi YUAN dan kondisi geopolitik di timur tengah akhir akhir ini (negara penghasil minyak) menjadi bahan pertimbangan  utama Investor besar (Market Leader) untuk mengambil kesempatan BUY Euro dan SELL Dollar hingga mendorong pasangan mata uang ini naik pada level tertinggi baru selama kurun waktu mingguan, sehingga ini sekilas tampak membingungkan, bagaimana mungkin NFP bagus kok dollar bisa melemah tehadap Euro ?

Ditengah krisis yang sedang mendera Euro, Inflasi yang tetap menjadi hantu yang menakutkan. Kejatuhan harga minyak dunia hingga menyentuh 13.16 /barel adalah kabar baik yang menjadi prospect positif untuk euro. Kenapa ? sebab Eropa adalah salah satu deretan wilayah pengimpor minyak terbesar dunia. Dengan harga minyak semakin murah, tentu saja mereka mampu menimbun minyak dalam jumlah banyak untuk kebutuhan bahan bakar mesin mesin industri mereka yang hampir lumpuh karena krisis untuk beberapa waktu kedepan. Selain itu, manuver china dalam mendevaluasi mata uang mereka dengan cara mengejutkan juga cukup membuat shock dollar, ada lagi tambahan alasan yang mendasari kenapa Euro Terbang disaat NFP begitu cemerlang, yaitu harapan yang tinggi terhadap keputusan ECB yang akan dirilis minggu ini yg diharapkan manjadi stimulus positif untuk Euro. Tapi…

Euro masih menyimpan banyak masalah, selain dari masalah inflasi, krisis di yunani, perbedaan kebijakan antar bank central, kemelut politik semua bisa meledak setiap saat. Dan Euro masih berpotensi jatuh dalam kubangan yang lebih dalam vs US Dollar, dimana saat ini dollar memiliki catatan fundamental yang sedang solid.

Minggu ini, EuroUSD memiliki Potensi mengalami Fluktuasi yang tajam ditengah harapan dan kecemasan. Trend belum dapat terbaca dengan jelas, sebab bayang bayang China kembali mendevaluasi mata uangnya masih bisa terjadi setiap saat, ini bisa jadi penyeimbang kekuatan US Dollar. Selain itu, ada jadwal Eurogroup meetings, ini adalah pertemuan mentri mentri keuangan dari negara negara yang tergabung dalam EuroGroup. Mereka akan membahas berbagai masalah keuangan di Eropa. Kita bisa melihat hasil dari pertemuan ini, apakah solusi atau justru hanya bullshit yang tidak membawa pengaruh apapun terhadap euro. Ada juga ECB Meeting Minutes, ECB bisa saja datang dengan membawa kabar buruk untuk Euro, sebuah kabar yang mengecewakan ditengah harapan yang begitu tinggi tentang kelanjutan program QE mereka. Ini bisa menyebabkan market frustasi dan membenamkan euro. Kabar baik yang tampak sedikit menggembirakan dari Euro saat ini adalah Surplus neraca perdagangan mereka bulan lalu, jika surplus ini bisa dipertahankan dalam bulan ini, bisa menjadi tambahan suplement euro untuk keluar dari zona tekanan usd setidaknya untuk beberapa hari. Secara ringkas minggu ini kami akan trade dengan pola swing terbatas, sambil terus memantau perkembangan kabar dari China, keputusan ECB dan harga Minyak WTI Crude Oil, termasuk konflik (Saudi vs Iran vs IS).

Technical Review

EURUSDDaily-11Januari2016

Ada pembentukan pola flags dalam tf D1, peluang lebih besar untuk EuroUSD melanjutkan rely bullish. Target terdekat adalah 1.10120… diatasnya ada 1.10515, wilayah ini adalah wilayah double top yang kuat untuk ditembus, wilayah tertinggi bulan december kemarin.