EURUSD midle time 04-08 januari

Kita awali perkembangan pergerakan trend Euro vs Dollar minggu ini dengan mengutip rencana FED dalam upayanya menaikkan suku bunga. FED berencana menaikkan suku bunga secara bertahap sebanyak 4 kali, dan Desember tahun lalu langkah itu telah dimulai dengan kenaikan 0.25bp. Untuk kenaikan selanjutnya masih belum jelas kapan waktunya, dan semua sangat tergantung dari data data terkait Pasar Kerja dan Inflasi di AS.

Baru baru ini, Yelen mengatakan bahwa FED berharap tingkat pengangguran di AS bisa maju ke 4.7%, sementara sekarang masih bertahan diwilayah 5%, tetapi optimisme tinggi tampak bahwa target tsb bisa dicapai dalam waktu dekat. Sementara tingkat Inflasi juga masih berada pada jalur positif menuju 2% sebagaimana yang diharapkan. Perdagangan pada minggu pertama tahun ini tampaknya akan di warnai volatelitas yang tinggi, dengan melihat kalender data fundamental yang cukup padat.

Dari AS akan di rilis :

  1. US ISM Manufacturing PMI, akan dirilis pada hari senin tanggal 04 januari jam 22:00WIB dan diperkirakan akan mengalami kenaikan ke 49.1 naik dari sebelumnya 48.6. ini akan positif untuk dollar dan berpotensi mendorong EURUSD kebawah sebesar 50 point
  2. US ADP Non-Farm Employment Change, akan dirilis pada hari rabu 06 januari jam 20:15WIB, dan diperkirakan akan mengalami penurunan ke 193K turun dari sebelumnya 217K. ADP adalah survay yang dilakukan untuk menghitung jumlah lapangan kerja yg bisa disediakan oleh sektor swasta. Perlu dicatat rilis pada bulan januari ini adalah hasil survay dibulan desember kemarin sehingga apabila terjadi penurunan kecil adalah hal yang wajar, mengingat pada bulan desember kemarin di AS banyak hari libur sehingga respondent peserta survay pun berkurang.
  3. US Trade Balance, akan dirilis pada hari rabu tangal 06 januari jam 20:30WIB. Dan diperkirakan akan mengalami penurunan ke -44.0B turun dari sebelumnya -43.9B. ini adalah laporan neraca perdagangan AS yg apa bila perkiraan ini adalah benar maka ini adalah kabar buruk yang berpotensi membebani dollar.
  4. US ISM Non-Manufacturing PMI, akan dirilis pada hari rabu tanggal 06 januari jam 22:00WIB. Dan diperkirakan akan mengalami kenaikan ke 56.0 naik dari sebelumnya 55.9. good untuk dollar
  5. US FOMC Meeting Minutes, akan dirilis pada hari rabu tanggal 06 januari jam 2:00WIB. Ini adalah pertemuan komite pertama yang kemungkinan besar akan memberikan petunjuk kebijakan FED untuk kedepan, Akan ada kejutaan saat dirilis berita ini.
  6. Klaim Pengangguran di AS, akan dirilis pada hari kamis tanggal 07 januari jam 20:30WIB. Dan diperkirakan akan mengalami penurunan ke 271K turun dari sebelumnya 287K.tampak terjadi kontraksi dari data ini di banding dengan perkiraan ADP, dimana lapangan kerja sektor swasta yg diperkirakan akan turun yang seharusnya diikuti dengan jumlah claim yang meningkat tetapi ini diprediksi kontraksi. Dari analisa kami faktor bulan liburan mempengaruhi hasil dari survay pasar kerja di AS.
  7. US Non-Farm Employment Payrolls / NFP, akan dirilis pada hari jum’at tanggal 08 janurai jam 20:30WIB. Dan diperkirakan akan mengalami penurunan ke 202K turun dari sebelumnya 211K. Secara persentase angka diatas 200K masih dikatakan positif, meskipun terjadi penurunan lapangan kerja di AS.

Teknical review

EURUSDDaily 04 januari

Dari formulasi chat tampak bias bearish pattren semakin jelas dengan pembentukan pola H&S dari pandangan daily. Eurousd berpotensi mencapai target terdekat di level 1.08028 dan level terendah yang berpotensi di capai 1.06054. untuk resisten yang harus di waspadai adalah level 1.09334 sebab level tersebut adalah pintu gerbang bullish strong.

Kesimpulan

Secara pribadi kami berpandangan EURUSD akan melanjutkan trand Bearish dalam kurun waktu minggu ini. Hal ini juga di dukung dengan minimnya sentimen positif dari zona EURO. Semoga bermanfaat